NEWS

Tuesday, January 30, 2018

Bedah Kisi-Kisi Usbn Dan Ujian Praktek

Jakarta, smapgri24-jkt.sch.id. Secara umum kisi-kisi merupakan kerangka soal yang akan dibuat dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan USBN Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Tujuan pembuatan kisi-kisi yaitu sekolah dapat memberikan rambu-rambu mengenai materi apa saja yang perlu dipelajari siswa. Melalui kisi-kisi dapat diketahui kemana arah dan tujuan setiap soal. Kisi-kisi juga dapat diartikan sebagai test blue-print yang digunakan untuk mendeskripsikan kompetensi dan materi yang akan diujikan. Ditulis dalam bentuk tabel yang memuat tentang rincian materi dan dibagian akhir dituliskan jumlah /nomor soal.
Tujuan penyusunan kisi-kisi adalah untuk menentukan batasan materi dan sebagai rujukan dalam pembuatan soal. Kisi-kisi digunakan sebagai pedoman dalam penulisan soal agar dapat menghasilkan soal sesuai dengan indikator materi yang menjadi tujuan pencapaian belajar siswa.

Bagi guru – guru  di SMA PGRI 24 dan SMP PGRI 30, kisi-kisi ujian sekolah berstandar nasional dapat digunakan untuk mengembangkan materi, dengan memperhatikan kriteria pencapaian standar kompetensi lulusan, Standar Isi, dan Kurikulum yang berlaku. Seperti halnya pada kegiatan hari Selasa, tanggal 30 Januari 2018 dimana setiap bapak/ibu guru dilatih oleh narasumber yang sudah berpengalaman dibidangnya dan sudah teruji di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Deden Suhendi EI. Dalam pelatihan membuat soal berdasarkan kisi – kisi dengan men.ggunakan kartu soal, dan setiap guru harus mengerjakan minimal lima sampai sepuluh soal. Kegiatan ini bertujuan agar bapak/ibu guru dapat memahmi dengan baik bagaimana seharusnya membuat soal yang akan diujikan kepada peserta didik nantinya. dan merubah pola kebiasaan yang dulunya membuat soal baru kisi-kisi, nah ini disesuaikan dengan urutan yang sesuai yaitu salah satunya dengan membuat kisi-kisi terlebih dahulu kemudian membuat soal.

No comments:

Post a Comment