NEWS

Sunday, October 28, 2018

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA (LDKS) SMA PGRI 24 JAKARTA 2018

A.       Latar Belakang
PERMBUKAAN 26-10-2018
Segala puji hanya milik Allah swt Sang Penguasa Alam yang telah menjadikan langit tanpa  penyangga dan menghampakan bumi tanpa batas, dengan kuasa-Nya maka siang dan malam serta perputaran dan kehidupan ini dapat terus berlangsung. Shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw, yang telah menyampaikan risalahnya dan berjuang membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang.

Seperti yang telah kita ketahui, setelah diadakannya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, maka diadakannya follow up yaitu Latihan Dasar Kepimpinan Siswa (LDKS).
MATERI DARI BNN PROPINSI
Diadakannya LDKS ini bertujuan untuk menjadikan siswa SMA PGRI 24 Jakarta sebagai pemimpin yang berkarakter. Kita ketahui, bahwa
paling nyata dihadapi bangsa Indonesia adalah krisis kepemimpinan. Kita mengalami kegamangan dalam hal menentukan pemimpin yang tepat untuk negeri ini. Permasalahan korupsi, kebijakan, kepdeulian, dan keadilan menjadi permasalahan seorang pemimpin. Kepemimpinan berbeda dengan seorang pemimpin karena hal itu merupakan sebuah sistem. Karena itu, aspek kerja sama, kolektivitas, dan keterpaduan merupakan sebuah keharusan dalam sebuah kepemimpinan. Kegagalan dalam kepemimpinan sering terjadi karena menganggap kepemimpinan sebagai sebuah kerja individual.

MATERI PBB DARI TNI AU
Kepemimpinan merupakan suatu kiat atau kewibawaan yang mampu menggerakan orang lain, baik secara perorangan maupun kelompok dalam suatu organisasi sehingga menimbulkan kemauan dan kemampuan untuk melakukan sesuatu dalam mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan meliputi berbagai dimensi, dan berfungsi sebagai peran kepemimpinan diharapkan mampu mendinamisasikan organisasi dalam mencapai tujuan.

Dengan hal ini, kami SMA PGRI 24 Jakarta memiliki kesamapahaman untuk melakukan kegiatan dalam rangka mendidik dan membina siswa-siswi SMA PGRI 24 Jakarta Tahun Pembelajaran 2018/2019 untuk melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang disiplin dan penuh dedikasi yang tinggi, yang mampu mewujudkan tugas pokok dan fungsi dengan sebaik-baiknya.

MATERI PBB DARI TNI AU
LDKS bagi siswa-siswi SMA PGRI 24 Jakarta, merupakan salah satu jalur pembinaan generasi muda yang difokuskan pada kompetensi individu dimana kader-kader penerus perjuangan bangsa bukan hanya slogan Pemuda Harapan Bangsa tetapi sebagai generasi yang berkarakter ke depannya.


B.       Dasar Hukum
Dasar hukum pelaksanaan kegiatan LDKS SMA PGRI 24 Jakarta Tahun Pembelajaran 2018/2019 adalah:
1.       Pancasila dan Pembukaan UUD 1945.
2.       UU RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
3.       UU RI Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.
4.       Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.

5.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006, tentang  Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat    Istimewa.
6.     Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008, tentang Pembinaan Kesiswaan.
7.       Program kerja OSIS SMA PGRI 24 Jakarta periode 2018.
8.       Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga OSIS SMA PGRI 24 Jakarta.

C.       Maksud dan Tujuan
NARSUM DARI PUSKESMAS CIPAYUNG
Adapun tujuan diadakannya Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah :
1.       Meningkatkan jiwa kepemimpinan yang berkarakter.
2. Meningkatkan kemampuan berorganisasi dan mampu menjadi pemimpin yang bertanggungjawab.
3.       Memberikan kesempatan belajar bagi siswa di Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS).
4.       Mendorong, membimbing, dan mengarahkan potensi kepemimpinan.
5.    Memberikan tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku, kepribadian, budi pekerti, sopan santun dan disiplin.
6.      Meningkatkan  rasa kebersamaan sesama siswa.

No comments:

Post a Comment