NEWS

Thursday, December 20, 2018

Absen Elektronik SMA PGRI 24 Jakarta


Jakarta, smapgri24-jkt.sch.id Era globalisasi yang semakin maju berdampak juga pada kemajuan teknologi, sehingga dalam perkembangannya suatu lembaga organisasi atau instansi harus bisa beradaptasi sesuai dengan kemajuan teknologi. Adanya kemajuan teknologi mengakibatkan terjadi perubahan dari sistem manual ke elektronik. Teknologi mampu menggantikan sistem pengelolaan sumber daya manusia, seperti absensi yang sebelumnya manual kini menggunakan sistem elektronik. Absensi merupakan “Salah satu tolak ukur metode pengembangan disiplin, jika absensi peserta didik, guru dan karyawan setelah mengikuti pengembangan menurun, maka metode pengembangan yang dilakukan baik, sebaliknya jika tetap berarti metode pengembangan yang diterapkan kurang baik” (Hasibuan, 2008: 84).

absen manual
Sikap disiplin yang baik merupakan salah satu bentuk professional dalam bekerja karena perilaku disiplin tentu akan menghasilkan pencegahan atau menghindari dari kesalahan, namun disiplin juga memainkan peran penting dalam kehidupan ini untuk menentukan perilaku yang tepat (Fith, 2004: 1) sehingga menjadi contoh teladan bagi lembaga atau masyarakat, dan menghasilkan pelayanan prima yang berdampak positif.

SMA PGRI 24 Jakarta, mulai bulan Agustus 2018 telah mengujicoba menerapkan absen elektronik bagi peserta didik. Dan pada bulan November secara resmi diterapkan absen elektronik tersebut setelah diujicoba selama tiga bulan. Sebelumnya SMA PGRI 24 Jakarta, telah menerapkan absen manual secara rutin setiap pagi dengan mengambil nomor urut kedatangan dan menuliskannya di buku absen. Namun dengan metode ini kurang akurat dari segi nomor yang diambil dan jam kedatangan peserta didik tidak tercatat. Berdasaran masalah ini maka dirancang absen elektronik yang bida mencatat nomor dan jam kedatangan.

Dengan menggunakan kartu pelajar yang disertai nomot NIS dengan bacode ini dimanfaatkan sebagai alat umtuk absensi elektronik. Dengan teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam kehadirannya dan diharapkan berdampak pada proses kegiatan belajar mengajar.

Berikut ini  video dari absen manual dan absen elektronik SMA PGRI 24.

No comments:

Post a Comment