NEWS

Monday, January 28, 2019

Manfaat dan Fungsi Try Out

Menjelang UN (Ujian Nasional), beberapa siswa baik itu SD, SMP atau SMA/K, rajin-rajin mengikuti Try Out baik yang diselenggarakan oleh sekolah maupun pihak lain. Untuk mengikuti Try out ini pun kadang ada yang diminta uang pendaftaran ada pula yang gratis. Namun, apa sih sebenarnya fungsi dan manfaat mengikuti Try Out Ujian Nasional itu?
SMA PGRI 24 Jakarta, mengiuti Try Out yang diselenggarakan oleh Dina Pendidikan DKI Jakarta. Try Out ini diselenggarakan dari tanggal 28 - 31 Januari 2019. SMA PGRI 24 Jakarat menyelenggarakan Try Out berbasis komputer, hal ini dilakukan agar peserta didik yang nantinya menjadi peserta Ujian Nasional berbasis komputer akan terbiasa dengan dengan sistem yang digunakan. 
Dengan sistem komouter try out yang diselenggarakan akan menjadi lebih efesien dan efekti dari segi pembiyaan dan dari segi waktu, karena dengan berbasis komputer nilai akan segera diketaui setelah try out selesai. 
Kebanyakan siswa menganggap try out media untuk melihat atau mengetes hasil ujian (nilai). Sehingga hasil atau nilai Try out ini dianggap sangat menentukan ketika nanti mengikuti Ujian yang sebenarnya.
Yang lebih parah lagi adalah adanya orang tua yang menganggap Try out adalah hal yang penting. Sehingga ketika hasil nilai Try out si anak jelek, orang tua sampai memarahinya. Ini sangat tidak benar.
Yang namanya Try Out itu adalah uji coba. Dalam hal ini adalah uji coba Ujian Nasional. Yang namanya uji coba tentu wajar jika gagal, nilainya buruk atau tidak sesuai estimasi. Sehingga tidak perlu ada kemarahan atau kekecewaan. Justru, dari Try Out ini bisa dijadikan tolok ukur untuk memperbaiki kekurangan yang ada.
Untuk itulah ketika Try out, siswa wajib mengikutinya dengan serius. Anggap saja Try out adalah ujian yang sebenarnya. Dan yang wajib digaris bawahi adalah, Try Out tidak sekadar untuk mengukur hasil nilai. Bukan itu saja.
Try out banyak sekali manfaatnya, seperti :

Melatih manajemen waktu yang baik

Waktu test try out biasanya juga disamakan seperti ketika waktu Ujian. Nah, bagi beberapa siswa yang pertama kali mengikuti try out UN biasanya akan keteteran masalah waktu. Sudah berjalan beberapa menit, soal yang sudah dijawab baru sebagian, dan ketika waktu yang sudah hampir habis, soal masih banyak.
Nah, hal-hal seperti ini lebih krusial dibanding tidak bisa mengerjakan soal. Karena waktu tidak bisa ditambah dan tidak bisa dikurang.
Untuk itu, jadikan try out ujian ini untuk melatih manajemen waktu yang baik dan efisien. Untuk try out pertama lakukan semampunya dulu sembari melihat kondisi waktu dan proses yang dilakukan. Dari situ bisa disimpulkan kurangnya di mana, apakah lama yang mengisi data diri, atau lama dari segi melingkari hasil jawaban, atau lainnya.
Nah, nantinya di try out selanjutnya baru dilakukan perbaikan dari yang sebelumnya, khususnya masalah waktu ini. Kemudian lihat lagi.

Dapat melihat ruang lingkup soal yang bakal keluar

Biasanya soal-soal Try out itu adalah berdasarkan kisi-kisi Ujian Nasional yang disusun oleh ahli dan berdasarkan kemungkinan ruang lingkup soal yang bakal keluar di UN yang sebenarnya. Nah, di sini momen yang pas untuk siswa melihat model-model soalnya.
Telitilah soal-soal Try out Ujian yang sudah dikerjakan, kira-kira yang keluar dari bab apa saja. Meskipun itu juga masih 50:50, tetapi bisa dijadikan referensi dan pedoman untuk belajar.

Adaptasi dengan kondisi Ujian Nasional

Beberapa sekolah atau pihak lain ketika mengadakan Try out skemanya dibuat persis seperti saat UN nanti. Kondisi ruangnya dan tempat duduk dibuat persis. Dan kadang juga dijaga oleh guru lain.
Manfaatkan momen ini untuk beradaptasi dengan kondisi ujian nasional yang sebenarnya nanti. Karena kadang ada siswa yang tidak PD saat ujian nasional, sehingga mereka tidak fokus dan hasilnya buruk karena tidak  bisa beradaptasi.

Mengenali prosedur Ujian Nasional

Ujian Nasional biasanya memiliki prosedur mulai dari guru jaga masuk, pembagian soal, hingga ketika waktu sudah mendekati akhir. Cermati dan kenali prosedur ini agar kamu tidak bingung saat UN yang sebenarnya nanti. Dan ini juga dapat digunakan untuk memaksimalkan waktu, seperti pada poin pertama.
Jika sudah tahu prosedurnya, maka kamu bisa mengerjakan apa yang bisa dikerjakan duluan yang itu tidak membuat waktu menjadi molor.

No comments:

Post a Comment