NEWS

Wednesday, March 6, 2019

Sosialisasi USBN-UNBK SMA PGRI 24 Tahun 2019

Jakarta, SMA PGRI 24  Jakarta. Pemerintah kembali akan melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) di tahun 2019 ini. Sehubungan dengan pelaksanaan tersebut, melalui surat edaran nomor 0101/SDAR/BSNP/XI/2018, pada Kamis (29/11/2018), Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menetapkan Prosedur Operasional Standar (POS) USBN dan UN tahun 2019. POS USBN dan UN sendiri merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksaan dari USBN dan UN di tahun 2019 ini.

Demi kelancaran dan terlaksananya kegiatan tersebut, SMA PGRI 24 Jakarta mengundang Orang Tua / Wali Murid kelas XII, dalam rangka menyampaikan  dan mensosialisasikan kegiatan USBN, simulasi UNBK dan UNB 2019. Dilakukan pada hari Rabu, 6 Februari 2019 bertempat di SMA PGRI 24 Jakarta. 

Selain mensosialisasikan kegiatan USBN, simulasi  dan UNBK kepada orang tua / wali murid juga sekolah juga  melaporkan hasil TryOut Sekolah, Tryout Dina Pendidikan Dasar DKI Jakarta dan Tryout Suku Dinas Wilayah 2 Jakarta Timur. 


BSNP juga telah resmi merilis Kisi-kisi Ujian Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Secara garis besar, kebijakan USBN dan UN di tahun 2019 tidak jauh berbeda dengan kebijakan yang ada di tahun 2018. Bedanya hanya pada jadwal pelaksanaan dan proyeksi jumlah peserta.
Namun, terkait dengan soal ujian, untuk USBN terdapat soal Pilihan Ganda (PG) sebanyak 90 persen dan soal uraian sebanyak 10 persen. Selain itu, masih ada soal dari pusat sebanyak 20-25 persen. Sisanya, 75-80 persen adalah soal USBN yang disusun oleh masing-masing guru di satuan pendidikan yang dikonsolidasikan oleh MGMP/KKG/Forum Tutor/Pokja Pondok Pesantren Salafiyah.

Untuk soal UN sendiri, 100 persen disiapkan oleh pusat. Semua soal dalam bentuk Pilihan Ganda, kecuali soal Matematika SMA/MA, SMK/MAK dan Paket C/Ulya yang terdiri atas pilihan ganda dan isian singkat. Demikian juga untuk soal yang berorientasi pada penalaran tingkat tinggi (HOTS), masih diterapkan dalam UN 2019. File Presentasi Sosialsisai silahkan download di sini dan di sini

No comments:

Post a Comment