NEWS

Monday, May 27, 2019

Menyambut Siswa di Pagi Hari Menerapkan 5S


MENGAJARKAN karakter dan nilai kehidupan dapat dilakukan dengan kegiatan yang ringan, seperti diterapkan SMAPGRI 24 JAKARTA. Untuk menanamkan pendidikan karakter secara dini dan terus menerus pada siswa, SMA PGRI 24 JAKARTA menerapkan program menyambut siswa salaman pagi. Hal ini dilakukan agar para pendidik dan peserta didik mengimplementasikan 5S,  “Senyum, Salam, Sapa dan Sopan Santun”.

Program menyambut peserta didik dan salaman pagi lebih menitikberatkan peran guru sebagai teladan bagi siswa. Setiap pagi, ketika siswa mulai datang ke sekolah, Bapak dan Ibu Guru sudah berada di pintu gerbang untuk menyambut kedatangan siswa.

Dalam kegiatan itu, yang pertama harus dilakukan guru adalah menyambut siswa dengan bersalaman dan sekaligus mengecek kerapihan peserta didik, atribut dan seragam sekolah. Jika ditemukan anak didik yang kurang rapi atau kurang disiplin dalam penampilan maka seketika guru langsung menegur atau merapikan. Kemudian dengan memberikan motivasi agar dalam selalu mematuhi tata tertib dan giat belajar.

Dengan membudayakan program menyambut peserta didik dan salaman pagi ini dan juga program Siraman Rohani pada hari Jumat pagi dapat memberikan ketenangan terhadap orang tua peserta didik, karna ketika puta/putrinya datang ke sekolah terlalu pagi karena di sekolah sudah ada Bapak dan Ibu Guru.

Manfaat dari program ini adalah mempererat kedekatan siswa dan guru. Selain itu, juga mengajarkan kepada siswa tentang nilai ramah-tamah yang sudah menjadi karakter masyarakat Indonesia sejak dulu. Berikut Video Kegiatan Salaman pagi SMA PGRI 24 Jakarta




No comments:

Post a Comment