NEWS

Wednesday, May 8, 2019

Pemanfaatan Media ICT Sebagai Sumber Belajar

Pengantar
Belajara adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu peruabahan tingkah laku. Perubahan ini terjadi karena adanya intraksi antara seseorang dengan lingkungannya. Karena itulah belajar dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Arsyad ( 2003:1) menyatakan bahwa salah satu tanda seseorang telah belajar adalah adanya perubahan pada diri orang itu yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan, keterampilan dan sikapnya.
Hal ini juga diungkapkan oleh Moh. Uzer Usman (1996:4) bahwa belajar dapat diartikan sebagai perubahan tingkah laku pada diri individu berkat adanya interaksi antara individu dengan individu, individu dengan lingkungan segingga mereka lebih mampu  berinteraksi dengan lingkungannya. Semua pendapat tersebut sebenarnya memiliki unsur-unsur sama, yaitu :
  1. Adanya individu yang belajar
  2. Adanya belajar sebgai sebuah proses
  3. Hasil belajar sebgai hasil perubahan tingkah laku
  4. Proses belajar terjadi di dalam interkasi dengan lingkungannya

Berpijak pada definisi tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa belajar adalah proses perubahan pada diri manusia. Apabila setelah belajar tidak terjadi perubahan dalam diri manusia, maka tidaklan dikatakan  telah berlangsung proses belajar. Perubahan sebagai hasil dari proses belajar dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk yang relatif permanen, seperti pperubahan dari tidak tau menjadi tau, dari tidak bisa menjadi bisa, dan dari tidak terampil menjadi terampil, serta aspek-aspek lainnya.
Adapun mengajar pada hakekatnya adalah suatu proses pengorganisasi lingkungan yang ada disekitar siswa sehingga pada diri siswa terjadi proses belajar. Nana Sudjana (1989: 7) mengatakan bahwa mengajar adalah membimbing kegiatan siswa belajar. Mengajar adalah mengatur dan mengorganisasi lingkungan yang ada di sekitar siswa sehingga dapat mendorong dan menumbuhkan siswa melakukan kegiatan belajar. Omar Hamalik (2002 : 1), mengartikan mengajar sebagai usaha pemberian bimbingan kepada siwa untuk belajar. Dengan kata lain, mengajar adalah menciptakan lingkungan dan berbagai kemudahan belajar bagi siswa. Dalam hal ini S Nasution (1982 : 8) mengemukakan bahwa mengajar adalah suatu aktivitas mengorganisasi lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan anak sehingga terjadi proses belajar.

Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa mengajar adalah suatu proses kegiatan yang disengaja dan terencana untuk membimbing  dan mengawasi siswa dalam aktivitas belajar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Berdasarkan pengalaman kita mengajar, pada prinsipnya ada tiga pola dasar.yang dilakukan guru dalam pengelolaan pembelejaran, yaitu  pola terpisah, pola berhubungan dan pola pembelajaran aktif.  Dari masing-masing pola pembelarajaran akan dibahas dalam artikel berikutnya. 

No comments:

Post a Comment