NEWS

Saturday, June 1, 2019

Santunan Anak Yatim dan Dhu'afa 2019M /Ramadhan 1440H


Jakarta, SMA PGRI 24 Jakarta, Marhaban Yaa Ramadhan. Ramadhan merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah Swt. Di bulan ini Allah melimpahkan berkah, rahmat dan ampunan-Nya bagi siapa yang menyambut dan memuliakan bulan Ramadhan ini dengan berpuasa diiringi keikhlasan dan dengan mengharap ridha Allah Swt semata. Di bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan-Nya mari kita sama-sama berlomba-lomba dalam mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ramadhan adalah bulan tarbiyah (pendidikan). Bulan ini bagaikan madrasah kolosal yang mendidik hamba-hamba Allah yang mu’min untuk menjalani tarbiyah islamiyah (pendidikan Islam) yang sempurna; meliputi tarbiyah ruhiyah (ruhani), aqliyah (intelektual), dan jasadiyah (fisik). Esensi utama dari Tarbiyah Ramadhan adalah menghubungkan manusia dengan Rabbul ‘Alamin. Menghidupkan hati nurani dan mengisi jiwa dengan nilai-nilai keimanan yang tinggi. Melalui dua program utama: Shaum (puasa) serta Qiyamul Ramadhan (shalat Tarawih) dengan interakasi yang intensif dengan Al Qur-anul karim dan diakhiri oleh penyucian diri dengan menunaikan Zakat Fitrah.

Disamping itu kita juga punya tanggungjawab yang besar untuk mengantar, mendidik dan membimbing siswa/i kita di SMAPGRI 24 Jakarta agar kelak menjadi insan yang memiliki kemampuan mengendalikan hawa nafsunya dan mempunyai dorongan dan motivasi yang tinggi untuk senantiasa beramal shaleh serta menjadi putra-putri yang shaleh dan shalihah di masa yang akan datang. Agar tujuan yang mulia tersebut dapat tercapai maka kita perlu membuat bentuk formula kegiatan-kegiatan yang dapat mengantar dan mengarahkan siswa guna tercapainya tujuan yang mulia tersebut.


Dalam rangka  mengisi  dan mensyiarkan Bulan Suci Ramadhan tahun 1440 H,  SMA PGRI 24 Jakarta, perlu diadakan serangkaian kegiatan bagi para peserta didik muslim. Hal ini diharapkan agar dapat menjadi momentum penguat kebutuhan akan perbaikan serta peningkatan nilai-nilai religi dan akhlak mulia bagi peserta didik muslim di SMA PGRI 24 Jakarta. Semoga kegiatan yang selalu kita laksanakan setiap tahun bisa memberikan kita banyak pelajaran dan supaya ramadhan kita tidak berlalu dengan sia-sia.

Anak yatim piatu merupakan amanah yang Allah berikan kepada manusia yang berakal. Mereka diamanahkan untuk disantuni sebagaimana menyantuni diri sendiri dan keluarga. “Aku (Muhammad SAW) dan pengasuh anak yatim kelak disurga seperti dua jari ini (Rasulullah SAW menunjuk jari telunjuk danjari tengah dan merapatkan keduanya)”. (HR Bukhari)



Seperti tahun-tahun sebelmnya, pada tahun ini SMA PGRI 24 Jakarta juga mengadakan santunan kepada anak yatim dan Dhu’afa. Pembina SMA PGRI 24 Jakarta, Bpk. Syamsul Hadri, M.Pd, M.M mengatakan bahwa, “jumlah santunan kali ini teidak berubah dari tahun sebelumnya, yaitu 250 paket, yang setiap paketnya terdiri dari  : 6 Mie instan, 1 lIter minyak, 1 botol syirup, 1 Kg gula pasir, 5kg Beras dan uang Rp. 100.000,-. Pembina juga mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia dengan perispan yang tidak lama dapat melaksnakan kegiatan santunan ini dengan baik. Tak lupa juga Pembina mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur Bapak / Ibu Guru, siswa-siswi, dan para donatur dari luar sekolah yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, semoga keberkahan selalu menyertai kita semua”. Berikut video kegiatan Santunan anak yatim dan dhu'afa Ramadhan 1440 H.


No comments:

Post a Comment